Visi dan Misi

Visi :
Menjadi Perhimpunan Profesi yang terpandang dalam pengembangan keilmuan ekonomi pertanian serta mampu mengakomodasi kepentingan anggota dan generasi muda untuk bangga dan cinta pada pertanian.

Misi :

  • membina dan mengembangkan tenaga-tenaga yang berminat dengan keilmuan dan profesi ekonomi pertanian, berdasarkan dedikasi, penghayatan dan kepekaan terhadap masalah kemiskinan serta keterbelakangan sebagai pencemaran manusiawi di perdesaan.
  • mengembangkan ilmu maupun profesi ekonomi pertanian bagi pemecahan terhadap masalah-masalah pembangunan pertanian maupun pengembangan perdesaan.
  • menjalin kerjasama dengan pemerintah, organisasi-organisasi profesi, perguruan tinggi serta lembaga-lembaga penelitian dan organisasi-organisasi masyarakat untuk mengembangkan ilmu dan profesi ekonomi pertanian, sebagai pendukung peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan sosial masyarakat perdesaan dalam rangka pembangunan nasional.

Kegiatan :

Sejak berdirinya, sejumlah kegiatan ilmiah dilaksanakan baik berupa seminar, diskusi, lokakarya, maupun kegiatan lainnya. Konperensi nasional (yang kemudian terkenal dengan sebutan Konpernas) PERHEPI sebagai media berkumpul dan curah pikir para pakar dan peminat ekonomi pertanian dilaksanakan di berbagai kota, dengan selang waktu 2-4 tahun sekali. Sejak Konpernas kedua di tahun 1970 yang dilaksanakan di Bukittinggi, sampai saat ini (2011) telah dilaksanakan Konpernas ke XV. Sejumlah isyu telah dibahas dalam Konpernas-Konpernas tersebut, baik yang bertema pembangunan ekonomi pertanian nasional, regional maupun wilayah. Di setiap Konpernas senantiasa “diikat” dengan suatu tema pembahasan tertentu sebagai fokus konperensi. Tema tersebut umumnya diangkat berdasar isyu sentral pembangunan ekonomi pertanian yang sedang berkembang.

Dalam Kepengurusan masa bakthi 2011-2014 fokus kegiatan dilakukan dalam penataan dan pengembangan organisasi (komisariat daerah), jumlah komisariat daerah ada sebanyak 35 yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan lain yang dilakukan adalah menghidupkan forum-forum ilmiah bagi generasi mudah baik mahasiswa sarjana maupun pascasarjana melalui lomba karya tulis dan forum mahasiswa pascasarjana, serta menghidupkan ekonomi pertanian bebasis komoditi.